Studi Ungkap Kedelai Bisa Bikin Otak Anak Lebih Cerdas. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Health

Studi Ungkap Kedelai Bisa Bikin Otak Anak Lebih Cerdas

Mutiara Nabila
Senin, 15 Juli 2024 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sebuah penelitian terbaru di Inggris menemukan anak-anak yang mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai memiliki kemampuan pemecahan masalah, retensi, dan perhatian yang lebih baik.

Menurut penelitian terbaru, anak-anak yang mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif, seperti pemecahan masalah dan memori, berkat adanya isoflavon.

Mengutip Express, isoflavon adalah senyawa alami yang ditemukan pada tanaman seperti kedelai.

Temuan ini dipresentasikan oleh Ajla Bristina, seorang mahasiswa doktoral ilmu saraf di Universitas Illinois Urbana-Champaign, yang memimpin penelitian terkait efek kedelai pada otak anak-anak.

Tim penelitian tersebut menganalisis data dari 128 anak berusia antara 7 dan 13 tahun, membandingkan pola makan mereka dengan kemampuan intelektual mereka melalui berbagai tes.

Adapun, tes yang dilakukan mencakup pengukuran perhatian, kecepatan, dan perekaman gelombang otak.

Konsumsi kedelai untuk masing-masing peserta berkisar antara 0 hingga 35 mg/hari. Sebagai gambaran, satu porsi 8 ons susu kedelai menyediakan sekitar 28 mg isoflavon.

Selain itu, satu porsi tahu menyediakan sekitar 35 mg dan setengah cangkir isoflavon dan edamame kukus menyediakan sekitar 18 mg isoflavon.

Dari percobaan tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin mengonsumsi produk kedelai dapat berkonsentrasi lebih lama dan memproses informasi lebih cepat.

Lebih lanjut, para peneliti kini telah memulai uji klinis untuk menyelidiki lebih lanjut dampak kedelai terhadap kemampuan kognitif, hormon seksual, kesehatan metabolisme, dan kesehatan usus.

Berikut ini adalah beberapa makanan berbahan dasar kedelai yang bisa memberikan manfaat untuk otak anak:

1. Tahu

Bahan serbaguna ini mudah ditemukan dan dapat digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari ditumis hingga diblender menjadi smoothie. Tahu juga tersedia dalam berbagai tekstur seperti tahu sutra, lembut atau yang keras sehingga bisa disesuaikan dengan selera anak.

2. Edamame

Kedelai muda ini bisa direbus dan diasinkan untuk dijadikan camilan atau ditambahkan ke salad, sup, dan hidangan nasi.

3. Susu Kedelai

Tidak benar-benar susu, susu atau sari kedelai merupakan alternatif yang bagus untuk mengganti susu sapi, dan dapat digunakan dalam sereal, kopi, smoothie, dan kue.

4. Tempe

Produk kedelai fermentasi ini memiliki tekstur padat dan rasa pedas, cocok untuk tumisan, digoreng, kukus atau dikreasikan menjadi makanan lain agar anak lebih suka.

5. Pasta Miso

Pasta dari kedelai yang difermentasi ini biasa ditemukan pada hidangan khas Jepang. Pasta ini umum digunakan untuk sup, marinasi, dan saus salad.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro