Kucing Savannah menjadi salah satu kucing termahal di dunia/Freepik
Entertainment

Ini Deretan Hewan Termahal di Dunia

Redaksi
Sabtu, 13 Juli 2024 - 10:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hewan kesayangan mulai dari kucing, anjing, kelinci, sampai sapi tentu memiliki harga yang berbeda sesuai jenisnya. Namun, apa yang terjadi jika jenis favorit Anda termasuk dalam kategori hewan termahal di dunia?

Dilansir dari lama jagranjosh.com dan financesonline.com, berikut adalah deretan hewan dengan harga termahal di dunia:

1. Anjing Cina Berjambul (Rp80 Juta)

Hewan ini memiliki berat sekitar 4,5 kg dan hanya memiliki bulu di sekitar wajah dan telapak kakinya. Salah satu anggota ras ini yang terkenal adalah anjing bernama Sam, yang merupakan pemenang Kompetisi Anjing Terjelek di Dunia dari tahun 2003-2005.

Anjing ini cerdas, lincah, waspada, dan memiliki pendengaran yang baik. Mereka tidak boleh diperlakukan sebagai hewan peliharaan hiasan karena mereka memiliki banyak energi. Mereka menjadi hewan peliharaan yang sulit dilatih karena ternilai keras kepala. Namun secara alami, hewan ini penyayang, sensitif, sosial, suka bermain, dan setia kepada pemiliknya.

2. Kucing Savannah (Rp64 juta - Rp161 Juta)

Kucing ini merupakan hasil persilangan antara kucing serval Afrika dan kucing domestik. Kucing yang memiliki bulu berwarna hitam, perak, atau emas dan telinga besar ini dikenal dengan warnanya yang indah dan bintik-bintiknya yang cerah. Dibandingkan dengan ras kucing lainnya, kucing Savannah lebih setia dan mudah bergaul.

Kucing Savannah adalah kucing yang percaya diri dan aktif bersosialisasi dengan manusia. Namun, dia dapat menjadi bahaya jika tidak mendapat hiburan dengan waktu yang lama.

3. Monyet De Brazza (161 Juta)

Monyet De Brazza (Cercopithecus Neglectus) diambil dari nama penjelajah Prancis, Pierre Savorgnan de Brazza. Monyet rawa ini ditemukan di lahan basah Afrika bagian tengah di negara Uganda, Sudan, Kenya, Gabon, Ethiopia, Guinea Ekuatorial, Republik Demokratik Kongo, Kongo, dan masih banyak lainnya. Hewan ini tergolong sulit untuk dipelihara, karena sebagian besar negara bagian melarang memilihnya sebagai hewan peliharaan.

4. Lavender Albino Ball Python (Rp646 Juta)

Ular ini terkenal dengan bintik-bintik kuning coraknya. Selain itu, warnanya yang memukau semakin menonjol akibat matanya yang berwarna merah tajam. Ular piton ini berasal dari Afrika dan pernah memegang rekor sebagai hewan peliharaan termahal di dunia. Ular ini langka dan menjadi barang koleksi favorit karena mutasi warnanya merupakan sifat genetik resesif.

Ular piton ini hampir secara eksklusif memakan hewan pengerat. Ia hanya perlu makan sekali dalam satu atau dua minggu. Dan untuk berteman dengannya, seseorang hanya perlu memegang ular piton ini dengan lembut.

5. Kumbang Rusa Langka (Rp1,4 Miliar)

Walaupun ada dengan jumlah banyak, kelangsungan hidup mereka terancam karena hilangnya habitat. Hal ini karena mereka lebih suka hidup di daerah lembab dengan banyak kayu dan daun yang membusuk, dimana tempat tersebut sering dibersihkan manusia untuk pertanian ataupun pembangunan rumah.

Kumbang rusa jantan dapat dengan mudah dikenali dari rahangnya yang besar sedangkan yang betina lebih sulit dikenali. Spesies yang menarik pada jenis kumbang ini adalah kumbang rusa pelangi yang memiliki warna unik dibanding jenis lainnya.

6. Tibetan Mastiff (Rp9,4 Triliun)

Tibetan Mastiff pada awalnya dilatih sebagai anjing penjaga hewan ternak. Anjing ini memiliki penampilan yang mengesankan dengan ekspresi yang ramah di sebagian besar waktu. Ia memiliki lapisan bulu bawah yang tipis saat cuaca panas dan lapisan bulu bawah yang tebal saat musim dingin.

Tibetan Mastiff dapat dilatih untuk berinteraksi dengan baik kepada orang-orang termasuk anak kecil, walaupun sesuai dengan sejarahnya, hewan ini bersifat teritorial, keras, dan mandiri.

7. Sapi Ponoka Morsan (Rp19,3 Triliun)

Sebuah peternakan di Kanada bernama Morsan memiliki sapi-sapi yang hidup di gedung ber-AC. Mereka diberi makan silase barley, mineral, silase alfalfa, jerami alfalfa, bungkil kedelai, biji kapas, bubur bit, dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran seekor sapi Morsan bernama Missy laku seharga $1,2 AS dolar atau 19,3 triliun rupiah pada tahun 2009. Missy telah memenangkan beberapa penghargaan pada pameran ternak di AS.

8. Tuna Sirip Biru Pasifik (Rp29 Triliun)

Pada tahun 2013, tuna sirip biru Pasifik menjadi ikan termahal di dunia saat terjual dengan harga $1,8 juta dolar AS atau 19 triliun rupiah di pasar Jepang. Tuna tersebut dihargai US$8.000 per kilo. Ikan ini merupakan jenis ikan besar yang beratnya dapat mencapai 550 kg.

Mereka menyeberangi Samudra Pasifik untuk mencari makan dan berkembang biak. Para pegiat konservasi menyarankan orang-orang untuk menghindari mengkonsumsi tuna sirip biru karena penangkapan terhadap ikan ini di seluruh dunia dinilai berlebihan.

9. Really Fast Pigeons (96,7 Triliun)

Seorang peternak asal Belgia bernama Leo Heremans menjual 530 ekor merpati miliknya seharga $6 juta dolar AS atau 96,7 triliun rupiah pada tahun 2013 kepada pembeli dari berbagai negara.

Salah satu merpati yang laku dengan harga 6,4 triliun rupiah yang berhasil dijualnya adalah really fast pigeon bernama Bolt yang diambil dari nama pelari tercepat di dunia asal Jamaika, Usain Bolt. Heremans terpaksa menjual 530 ekor merpatinya saat terserang virus setelah menghabiskan waktu bersama peliharaannya tersebut.

10. Kuda Pacu Kentucky Derby (Rp257,5 Triliun)

Seekor kuda pacu bernama The Green Monkey menjadi pemegang rekor hewan termahal dengan harga $16 juta dolar AS atau 257,5 triliun pada tahun 2006. Kuda jantan muda ini mencatat waktu tercepat di antara 154 kuda lain dalam pelelangan pada saat itu.

Namun ironisnya, The Green Monkey tidak pernah ikut serta dalam Kentucky Derby akibat cedera tulang belakang yang didapatnya ketika terjatuh saat sesi latihan.

Kuda tersebut akhirnya pensiun tahun 2008, 2 tahun setelah kejadian tersebut. Setelah pensiun, The Green Monkey digunakan sebagai kuda jantan untuk mengembangbiakkan kuda balap juara sekaligus menjadi investasi tersendiri bagi pemiliknya. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro