Wisata kuliner makanan  di Jaksel/Grab
Kuliner

Kuliner Kaki Lima Jaksel, Ini 8 Rekomendasi Makanan Legendaris

Redaksi
Selasa, 9 Juli 2024 - 16:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kuliner kaki lima di area Jaksel atau Jakarta Selatan semakin ramai digemari, baik yang telah lama berdiri maupun yang baru menggelar tikarnya.

Dilansir dari Pergikuliner, Rukita, dan Google Reviews, Jakarta Selatan umum dikaitkan dengan kehidupan anak muda yang serba mahal dan eksklusif. Namun, justru berbagai makanan legendaris di Jakarta Selatan hadir dengan bentuk kaki lima dan harga terjangkau.

Simak kuliner kaki lima yang legendaris hingga sedang hits:

1. Sate Padang Ajo Ramon

Kedai sate padang ini berada di area parkir Pasar Santa. Kerap digadangkan sebagai salah satu sate padang terenak di Jakarta, Sate Padang Ajo Ramon telah berjualan sejak tahun 1980an.

Terkenal dengan saus padangnya yang kental, Ajo Ramon menawarkan berbagai jenis daging, seperti sate usus dan sate lidah. Menurut ulasan berbagai pengunjung, sate dagingnya yang biasa pun terasa empuk. 

Per 2024, menu Sate Padang Ajo Ramon rata pada nominal Rp33.000, dengan menu tambahan dan minuman pada harga Rp5.000. Namun, menurut pelanggan, kekurangannya adalah tempat makannya yang terasa panas.

2. Nasi Goreng Kebuli Apjay Pak Ivan, Panglima Polim

Tempat yang kerap disebut Nasgor Apjay ini menjadi tujuan para muda-mudi untuk makan nasi goreng unik ini. Setelah berjualan sejak 2005, cabang pusatnya berada di depan Alfamidi Jalan Panglima Polim IX.

Ciri khas Nasgor Apjay adalah nasi goreng kebulinya. Ulasan mengatakan bahwa rempah-rempah kebuli sangat terasa. Salah satu menu terpopulernya adalah nasi goreng kebuli kambing. Terbilang cukup terjangkau, harga keseluruhan menu berkisar pada Rp26–35.000.

Nasgor Apjay buka pukul 16.30 hingga larut malam setiap harinya. Keramaian maksimal biasanya terjadi di atas jam 9 malam.

3. Bubur Ayam Barito

Berdiri sejak 1992, Bubur Ayam Barito berlokasi di selatan Taman Langsat, Kebayoran Baru. 

Walaupun tidak ada keunikan pada buburnya itu sendiri, namun taburan bubur ayamnya menjadi ciri khas Bubur Ayam Barito. Tempat ini menggunakan cheese sticks sebagai pengganti kacang dan keripik. Sebagai tambahan, mereka juga terkenal menggunakan telur mentah.

Kombinasi unik ini ternyata cukup cocok di lidah banyak pengulas di Google. Dengan pelayanan yang cepat dan harga pada kisaran Rp20.000, tidak heran Bubur Ayam Barito laku keras.

4. Kaybun Dimsum Cipete

Kaybun Dimsum masih terbilang baru di Jakarta dibandingkan rekomendasi lain. Sebelumnya, Kaybun Dimsum buka pada 2018 dan membuka cabang di Bandung, Sukabumi, Bogor, dan kota-kota Jawa Barat lainnya. 

Jenis dimsum yang dijual bermacam-macam–dari hakau, siomay, wonton, hingga varian manis seperti bakpao susu dan mochi. Rata-rata pengunjung sangat puas dengan Kaybun, karena isiannya banyak dan nikmat. 

Salah satu poin plus adalah lokasinya yang berada di sebelah pintu keluar Stasiun MRT Cipete Raya. Kaybun Dimsum buka setiap hari pada pukul 10.00–21.30 WIB, dengan harga Rp20.000 per porsi yang berisi 4 buah dimsum.

5. Sate Taichan Bang Yoyo, Tebet

Sate Taichan Bang Yoyo berlokasi di Jalan Tebet Barat Raya, sebelah utara Tebet Eco Park. Uniknya, tempat sate ini menyatu dengan sebuah kafe. Cara transaksi adalah membayar pesanan ke kafe, lalu memberi struk pesanan ke Sate Taichan Bang Yoyo.

Sate taichan merupakan hidangan andalan selama beberapa tahun terakhir. Lantas, apa yang menjadikan Bang Yoyo lebih spesial? 

Menurut pengunjung, potongan daging yang besar dan rasa gurih-pedas sambal yang pas membuat Sate Taichan Bang Yoyo lebih unggul dari sate lain. Sebagian besar merasa sate ini cukup “worth it”, namun terdapat kritik juga bahwa waktu menunggu makanan datang cukup lama.

6. Bakmi Jhon Sampit, Melawai

Berawal dari jualan gerobak sejak 1955, Bakmi Jhon kini menyewa tempat makan yang nyaman di Jalan Sampit I. Bakmi ini memiliki salah satu rasa yang selalu konsisten, dengan tipe bakmi asin gurih yang kenyal.

Dengan jangka harga Rp20.000–Rp50.000, Bakmi Jhon sangat ramai di jam makan siang. Jika Anda berminat, datanglah pada pagi hari, karena bakmi ini buka sejak jam 08.00–16.00 WIB.

7. Sopo Ngiro Japanese Food

Sopo Ngiro yang sempat viral beberapa tahun lalu menjadi salah satu pionir tren makanan “tenda Jejepangan” di Jakarta. Sopo Ngiro memiliki cabang di Panglima Polim, Fatmawati, Karet, hingga Jalan Margonda, Depok.

Fokus menjual lauk katsu, yakiniku, dan teriyaki dari daging sapi dan ayam, harganya berkisar pada Rp35.000–Rp40.000. Ukuran porsinya yang besar memungkinkan pelanggan untuk makan tengah dengan lauk pilihan.

Sopo Ngiro Japanese Food buka pukul 18.00 WIB setiap hari. Pelayanannya cenderung lambat ketika ramai, yaitu pada malam akhir minggu.

8. Bebek Madura Legenda Benhil

Tempat makan nasi bebek ini berlokasi di Bendungan Hilir, yang cukup terjangkau ke area Jakarta Selatan. Bebek Madura Legenda mulai buka pukul 16.00 WIB setiap harinya, namun selalu ramai pukul 19.00 ke atas.

Para pelanggan yang mengulas nasi bebek ini merasa puas–baik dengan hidangannya maupun pelayanannya. Menurut mereka, bumbu hitam bebek terasa gurih dan lezat serta daging bebek terasa empuk. Bahkan, tidak sedikit ujaran “nasi bebek terenak di Jakarta” keluar dari ulasan Google mereka. 

Harga yang standar untuk nasi bebek dan nasi ayam seharga Rp20.000 untuk single dan Rp37.000 untuk double–menambah kepuasan pengunjung atas kelezatan nasi bebek ini. (Ilma Rayhana)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro