Deretan Artis yang Maju pada Pilkada 2024/instagram
Entertainment

Deretan Artis yang Maju di Pilkada 2024

Redaksi
Senin, 8 Juli 2024 - 15:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tren artis yang maju untuk mencalonkan diri menjadi kepala daerah bukanlah hal baru di Indonesia.

Setelah banyaknya artis yang turut serta dalam pemilihan kepala-wakil kepala daerah (Pilkada) 2024, perlu diketahui bahwa sebelumnya fenomena ini pernah terjadi.

Sebelumnya, nama-nama seperti Sahrul Gunawan dan Lucky Hakim pernah menghiasi panggung Pilkada 2020. Sahrul berhasil menang dan menjabat sebagai Wakil Bupati Bandung, sementara Lucky menjabat sebagai Wakil Bupati Indramayu.

Namun, fenomena artis yang maju pada gelaran Pilkada terus berlanjut hingga tahun 2024. Pada tahun ini, fenomena tersebut semakin marak. Berbagai artis dari kalangan yang berbeda-beda turut serta dalam Pilkada tahun ini.

Berikut adalah beberapa artis yang turut meramaikan Pilkada 2024:

1. Marshel Widianto

Marshel Widianto merupakan seorang komedian yang terkenal karena mengikuti Stand Up Comedian Academy (SUCA) musim ketiga.

Setelah keluar dari kompetisi SUCA, Marshel mulai merambah dunia peran dan juga politik. Pada Pilkada 2024 ini, Marshel akan diusung oleh Partai Gerindra sebagai calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, menemani Riza Patria sebagai Calon Wali Kota.

2. Ahmad Dhani

Selain Marshel, Gerindra juga mengusung Ahmad Dhani untuk ikut serta dalam Pilkada 2024. Bergabung dengan Gerindra sejak tahun 2017, personel Dewa 19 ini akan maju dalam Pilkada Surabaya, sebagai calon Wali Kota Surabaya.

3. Desy Ratnasari

Pelantun lagu “Tenda Biru” ini sudah lebih dulu menjajaki dunia perpolitikan. Sebelumnya, Desy menjabat sebagai anggota DPR RI sejak tahun 2014. Nantinya, ia akan mewakili PAN (Partai Amanat Nasional) untuk maju di Pilkada Jawa Barat. Namun, saat ini PAN belum menemukan pasangan duet bagi Desy Ratnasari untuk maju sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

4. Rano Karno

Rano Karno juga bukan merupakan nama baru di dunia politik. Pemeran “Si Doel” dalam serial “Si Doel Anak Sekolahan” ini sebelumnya sempat beberapa kali menjabat sebagai pemimpin Banten, yaitu sebagai Wakil Gubernur pada periode Januari 2012 hingga Mei 2013 dan Gubernur pada Agustus 2015 hingga Januari 2017. Saat ini, Rano Karno akan kembali meramaikan panggung Pilkada Banten melalui Partai PDI-P.

5. Raffi Ahmad

Selebriti selanjutnya yang digadang-gadang akan ikut serta dalam Pilkada 2024 adalah Raffi Ahmad. Raffi sendiri disebut-sebut akan maju dalam Pilkada Jawa Tengah, bersama dengan Bupati Kendal saat ini, Dico Ganinduto. Meskipun belum pasti, artis yang kerap kali disebut Sultan Andara ini mengaku tidak pernah menutup kemungkinan akan hal tersebut.

Selain lima nama tersebut, masih terdapat beberapa nama lagi seperti Ronal Surapradja, Jeje Govinda, Pasha Ungu, Eko Patrio, dan Kris Dayanti. (Rafi Abid Wibisono)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro