Negara penghasil keju
Health

Konsumsi Keju Berdampak Bagi Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

Redaksi
Kamis, 20 Juni 2024 - 16:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin Anda sudah tidak asing dengan nama keju yang banyak dikonsumsi maupun dijadikan bahan olahan dalam setiap makanan. Bahan dasar yang terbuat dari olahan susu tersebut, identik dengan rasa gurih dan aroma khas.

Namun, baru-baru ini peneliti menemukan sebuah hasil yang menunjukkan bahwa keju memiliki dampak terhadap kesehatan mental.

Keju merupakan salah satu olahan susu yang sangat populer di negara Amerika Serikat, Perancis dan Italia. Sebagian orang mengonsumsi keju sebagai sumber protein yang baik bagi kesehatan tubuh dan otak manusia. Hal ini dikaitkan dengan manfaat yang dihasilkan oleh keju untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mental manusia. 

Secara garis besar, kesehatan mental berdampak beberapa hal salah satunya mengacu pada kesejahteraan hidup untuk mencapai masa penuaan yang sehat. Dalam mewujudkan kesejahteraan, Anda harus didukung oleh kegiatan yang mendukung seperti berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat seperti keju.

Dilansir dari newsweek.com, peneliti mengungkapkan "Untuk mencapai penuaan yang sehat, sangat penting untuk menjembatani kesenjangan antara kualitas kesehatan dan umur. Kesejahteraan mental, yang mencakup kesejahteraan emosional, psikologis dan sosial, berkorelasi dengan perilaku gaya hidup dan morbiditas yang beragam, dan mendukung penuaan yang sehat," tulis para peneliti dalam makalah.

Dalam studi tersebut, para peneliti menjelaskan bagaimana cara menganalisis genetika orang dengan mengumpulkan 8 data. Masing-masing data berisi informasi tentang 800.000 hingga 2,3 juta orang, untuk menentukan apakah kesehatan mental dapat dikaitkan dengan penuaan yang lebih sehat. Peneliti tersebut  menemukan bahwa orang-orang yang memiliki kesejahteraan mental cenderung mengalami peningkatan ketahanan, kesehatan dan umur panjang.

Temuan ini memberikan makna terkait pentingnya menjaga kesehatan mental dalam mempromosikan penuaan yang sehat dan menginformasikan target pencegahan penuaan yang disebabkan oleh kesehatan mental yang tidak optimal. Anda dapat melakukan pencegahan tersebut dengan membiasakan diri untuk mengonsumsi keju. 

Dilansir dari thesun.co.uk,  berikut manfaat konsumsi keju yang baik bagi kesehatan:

1. Kaya vitamin dan mineral

Keju dikemas dengan kalsium, vitamin D, zinc, fosfor, dan vitamin K2. Seluruh kandungan nutrisi yang terdapat pada keju mampu melindungi tulang, otak, dan jantung. Anda dapat mengonsumsi keju dalam bentuk olahan makanan seperti keju slice, salad buah, salad sayur, dan lainnya.

2. Menjaga kesehatan usus

Menjaga kesehatan usus dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung mikrobioma, salah satunya adalah keju.

Mikroba yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan usus. Sebuah studi menjelaskan bahwa orang Perancis memiliki tingkat penyakit jantung dan obesitas yang relatif rendah meskipun mengkonsumsi  20 kg keju dalam satu tahun. Hal tersebut menjadi bukti bahwa keju memiliki dampak yang positif bagi perkembangan mikroba pada usus.

3. Menjaga kesehatan gigi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dokter gigi menunjukkan bahwa konsumsi keju dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit di sekitar gigi. Penelitian tersebut dilakukan dengan kelompok uji, satu mengkonsumsi susu, satu mengonsumsi yoghurt bebas gula, satunya mengonsumsi keju. Keseimbangan pH di berbagai area mulut diuji sebelum dan sesudah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. 

Tingkat pH yang lebih rendah dari 5,5 dapat membuat gigi Anda berisiko mengalami erosi karena asam yang tercipta di dalam mulut, sedangkan kelompok yang mengonsumsi susu serta yoghurt bebas gula tidak menunjukkan perubahan yang signifikan, yaitu mengalami peningkatan kadar pH yang bagus terhadap gigi.

4. Membuat tubuh menjadi nyaman

Mengonsumsi mampu memberikan efek yang nyaman terhadap tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan tirosin yang terdapat di dalam keju. Tirosin merupakan  asam amino alami  dalam keju, yang membuat Anda merasa puas dan nyaman. 

Hal ini yang membuat banyak orang merasa senang ketika mengonsumsi keju. Kondisi tersebut dihasilkan ketika metabolisme dalam tubuh membantu menghasilkan bahan kimia yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi nyaman. Sama halnya dengan dopamin yang mengontrol pusat dengan kesenangan di otak Anda. 

5. Mencegah peradangan

Kandungan lemak yang terdapat dalam keju mengandung linoleat terkonjugasi untuk membantu meredakan peradangan pada tubuh. Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi blue cheese dan keju cheddar yang memiliki kandungan linoleat di dalamnya.

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro