Minyak kelapa memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh/bloomberg
Health

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Kulit, Bisa Atasi Jerawat dan Stretch Mark

Redaksi
Rabu, 19 Juni 2024 - 17:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang rela mengeluarkan uang dengan nominal besar hanya untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Namun, sekarang Anda dapat menggunakan minyak kelapa yang memiliki khasiat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. 

Dilansir dari Cleveland Clinic dan Very Well Health, minyak kelapa merupakan minyak nabati yang diekstraksi dari kelapa mentah. Minyak ini mengandung lemak tinggi, sehingga tidak disarankan untuk dimasukkan pada makanan atau minuman.

Namun, penelitian menunjukkan minyak kelapa yang mengandung anti bakteri dapat digunakan sebagai bahan alami dalam perawatan kulit. Selain itu, juga mengandung 65% asam lemak rantai menengah, seperti asam laurat dan asam linoleat, yang merupakan senyawa untuk menunjang kesehatan kulit keseluruhan.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit:

1. Mengatasi stretch mark

Minyak kelapa memiliki asam lemak, antioksidan, anti inflamasi, dan anti radang yang dapat meningkatkan penyembuhan kulit dari dalam. Selain itu, dapat mendorong produksi kolagen secara optimal, sehingga efektif untuk menyamarkan dan mencegah timbulnya stretch mark.

Bagi Anda yang ingin mengatasi masalah stretch mark caranya cukup mudah. Mulai sekarang, oleskan minyak kelapa pada area stretch mark dan diamkan semalaman. Lakukan perawatan ini secara rutin, agar stretch mark dapat memudar dengan cepat.

2. Meringankan ruam atau gatal

Minyak kelapa mengandung sifat anti inflamasi yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan, mengurangi ruam, dan meningkatkan kinerja perlindungan pada lapisan kulit.

Penelitian menunjukkan, minyak kelapa yang dioleskan topikal di kulit telah terbukti efektif membantu penyembuhan ruam gatal, pada penderita dermatitis atopik atau eksim ringan hingga sedang.

3. Menenangkan kulit kering

Minyak kelapa memiliki asam linoleat yaitu asam lemak omega 6. Kandungan inilah yang membantu menjaga kelembapan kulit dengan cara memberikan ketenangan melalui pengurangan air transepidermal (TWL). Karena, apabila produksi TWL berlebihan bisa menyebabkan kulit kering dan memicu penyakit seperti eksim, rosacea, atau dermatitis.

Jadi, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang mengalami kekeringan dan diamkan selama beberapa waktu. Agar kandungan minyak alami ini dapat menyerap dengan optimal.

4. Mengobati luka ringan

Minyak kelapa yang mengandung 49% asam laurat dan sifat antimikroba, dapat digunakan sebagai obat alami dalam menyembuhkan luka ringan. Selain itu, juga membantu meredakan lesi kulit yang ringan seperti goresan atau luka bakar akibat pisau cukur.

5. Mengobati jerawat

Minyak kelapa mengandung senyawa anti inflamasi dan asam linoleat yang berperan penting untuk menenangkan kulit. Adapun manfaat lain, sifat antimikroba dalam minyak ini terbukti ampuh melawan bakteri penyebab jerawat

Dilansir dari Healthline, penelitian menunjukkan minyak kelapa telah terbukti efektif untuk menyembuhkan dan mencegah pertumbuhan jerawat.

6. Penyembuhan setelah operasi

Minyak kelapa memiliki efek penyembuhan luka, dapat digunakan untuk meringankan atau meredakan luka setelah operasi. Karena itu, minyak alami ini dianjurkan diaplikasikan pada area vagina untuk mempercepat penyembuhan setelah operasi septate hymen.

Namun, Anda dianjurkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila ingin menggunakannya. Karena, pengaplikasian yang salah dapat memicu iritasi dan penyakit lainnya. 

7. Menghilangkan noda hitam

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang dapat menyamarkan noda bekas jerawat, noda bekas luka, hingga noda hitam tanda penuaan dini. Jadi, Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai bahan perawatan alami kulit.

Caranya cukup mudah, oleskan minyak ini  pada area yang terdapat noda atau flek hitam dan diamkan semalaman. Lakukanlah teknik ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro