Jahe memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh/Tamara
Health

Manfaat Konsumsi Air Jahe Saat Perut Kosong, Bisa Kontrol Gula Darah

Redaksi
Selasa, 18 Juni 2024 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jahe menjadi rempah yang dikenal karena memiliki banyak khasiat baik bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat apabila mengonsumsinya saat perut kosong, salah satunya bisa menstabilkan kadar gula darah.

Dilansir dati Time of India dan Hindustan Times, Selasa (18/6/2024) jahe dengan sifat anti inflamasi dan terdapat lebih dari 400 senyawa alami, bisa membantu meringankan berbagai bentuk peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, jahe juga telah terbukti efektif untuk menyembuhkan beberapa penyakit melalui pengobatan herbal tradisional. Sejumlah penelitian menunjukkan, orang mengonsumsi jahe cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh lebih baik, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Adapun manfaat air jahe, jika dikonsumsi pagi hari ketika perut dalam kondisi kosong. Mulai dari memperlancar sistem pencernaan, mengontrol kadar gula darah, menurunkan berat badan, mendukung sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat Konsumsi Air Jahe

1. Mengontrol kadar gula darah

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi air jahe saat perut kosong dapat mengontrol kadar gula darah tetap dalam angka yang stabil. Penelitian menunjukkan, konsumsi air jahe secara rutin yang mengandung gingerol berkontribusi mengurangi kenaikan gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Adapun penelitian serupa pada Iranian Journal of Pharmaceutical Research menemukan, senyawa gingerol pada jahe dapat mengoptimalkan kinerja hormon insulin dalam membantu penyerapan gula darah. Selain itu, bisa menurunkan kadar HbA1c pada pasien diabetes.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Air jahe yang dikonsumsi saat perut kosong, dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Sebuah penelitian Journal of Gastroenterology and Hepatology menunjukkan, jahe secara signifikan bisa memaksimalkan kinerja lambung dengan mempercepat perpindahan makanan ke usus kecil.

Hasilnya, tubuh dapat terhindar dari rasa kembung akibat terganggunya kinerja sistem pencernaan, karena kesulitan menyerap nutrisi.

Selain itu, jahe memiliki senyawa gingerol dan shogaol dengan sifat anti inflamasi. Kandungan inilah yang dapat mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti mual atau muntah.


3. Menjaga berat badan tetap sehat

Penelitian yang diterbitkan European Journal of Nutrition menunjukkan, jahe dapat memperlancar metabolisme dengan meningkatkan termogenesis, yaitu proses pembakaran lemak tubuh. Karena itu, konsumsi air jahe saat perut kosong dapat berkontribusi untuk menstabilkan berat badan.

Adapun penelitian lain menemukan, jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang digunakan untuk menstimulasi hormon kenyang dalam tubuh. Nantinya, hormon inilah yang membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengurangi konsumsi makanan berlebihan. 


4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian yang diterbitkan International Journal of Preventive Medicine menemukan, jahe memiliki kandungan antioksidan yang memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena itu, mengonsumsi air jahe dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan kanker.

Jahe juga memiliki kandungan sifat anti inflamasi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas. Studi menunjukkan, ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan melawan virus penyebab penyakit pernapasan.


5. Meningkatkan kesehatan kulit

Jahe mengandung sifat antioksidan, berguna untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan kerusakan kulit. Menurut penelitian dalam Journal of Dermatological Science, antioksidan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, sehingga kulit tetap terjaga keelastisannya. 

Selain itu, jahe juga mengandung sifat anti inflamasi yang dibutuhkan kulit untuk mencegah pertumbuhan jerawat dan iritasi kulit seperti kemerahan atau ruam.


6. Menurunkan kadar kolesterol

Jahe memiliki senyawa aktif gingerol dan zingerone yang dibutuhkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Adapun manfaat lain, yaitu dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) yang berkontribusi dalam melindungi dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Karena itu, air jahe yang dikonsumsi saat perut kosong bisa menurunkan risiko komplikasi akibat kolesterol tinggi seperti jantung koroner, stroke, serangan jantung, dan penyakit arteri perifer. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro