Ini Makanan yang Mengandung Banyak Air, Cocok Dikonsumsi di Musim Kemarau /UMSU
Health

Ini Makanan yang Mengandung Banyak Air, Cocok Dikonsumsi di Musim Kemarau

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 6 Juni 2024 - 13:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kecukupan air minum sangatlah penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Namun air saja tidak cukup; Anda membutuhkan elektrolit dalam makanan Anda, terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu di cuaca panas.

Elektrolit ditemukan dalam minuman olahraga, suplemen, dan makanan tertentu untuk menjaga Anda tetap terhidrasi dan mengisi kembali mineral yang hilang melalui keringat.

Banyak makanan yang menghidrasi, sesuai musim dan penuh dengan elektrolit dan nutrisi, yang akan membantu menghilangkan dahaga sekaligus menjaga Anda tetap sehat.

Inilah makanan yang menghidrasi yang terbaik agar Anda siap menghadapi musim panas dilansir dari Cnet.

1. Semangka dan melon lainnya

Semangka bukan hanya buah yang identik dengan musim panas, tetapi juga sangat menghidrasi. Ini terdiri dari 92% air dan memiliki antioksidan, nutrisi penting seperti vitamin A dan C, magnesium, serat dan likopen (pigmen yang ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna merah, kuning atau oranye).

Semangka juga terdiri dari 90% air dan merupakan sumber potasium, folat, serta vitamin A dan C yang baik.

2. Mentimun

Mentimun terdiri dari 95% air dan mengandung vitamin seperti vitamin K, magnesium, dan potasium. Sayuran menyegarkan ini dapat dengan mudah ditambahkan ke salad, sandwich, air, atau dimakan sendiri.

Kandungan airnya yang tinggi juga menjadikannya sayuran rendah kalori dan merupakan makanan ideal untuk ditambahkan ke dalam diet Anda jika Anda ingin menurunkan berat badan dan merasa kenyang lebih lama.

3. Labu

Sayuran serbaguna ini cocok sebagai tambahan untuk sup, tumisan, salad, dan sebagai pendamping. Labu musim panas yang populer seperti zucchini adalah sumber vitamin C, potasium, dan serat yang baik dan terdiri dari 94% air. Kandungan air dan serat yang tinggi akan membuat Anda kenyang dan terhidrasi dalam waktu lama.

4. Stroberi

Buah musim panas yang populer ini kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral seperti vitamin C, mangan, dan folat. Ini adalah buah yang mudah ditambahkan ke dalam smoothie, yogurt, salad, atau dimakan sendiri. Stroberi terdiri dari 91% air, menjadikannya buah yang sempurna untuk menghilangkan dahaga dan memuaskan rasa manis Anda.

5. Selada dan sayuran berdaun hijau lainnya

Buatlah salad dari selada dan sayuran lainnya seperti selada, selada air, bayam atau bok choy, yang memiliki kandungan air tinggi dan kaya akan vitamin dan mineral. Selada terdiri dari 96% air dan memiliki folat, serat dan vitamin K dan A. Bayam kaya akan zat besi, asam folat, kalsium dan vitamin C dan A.

Sementara itu, selada air menyediakan 100% dari asupan makanan yang direkomendasikan untuk vitamin K, yang mana merupakan nutrisi penting untuk pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang. Bok choy kaya akan vitamin K dan C, yang berarti kombinasi apa pun dari sayuran ini dijamin akan memberi Anda salad yang penuh nutrisi.

6. Buah sitrus

Jika Anda menyukai jeruk, grapefruit, jeruk nipis, dan buah jeruk lainnya, makanlah. Buah jeruk cenderung mengandung sekitar 80% air, menjadikannya pilihan yang baik untuk hidrasi. Mereka juga tinggi vitamin C dan serat dan baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Mereka bahkan cukup serbaguna untuk ditambahkan ke salad buah, dimakan sendiri, ditambahkan ke air atau salad dan bahkan sebagai bumbu untuk protein, seperti ayam atau ikan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro