Ilustrasi belly dance atau tari perut/Pexels
Entertainment

Viral di Tiktok, Seberapa Efektif Belly Dance untuk Kecilkan Perut?

Restu Wahyuning Asih
Selasa, 21 Mei 2024 - 18:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - TikTok tengah dihebohkan dengan gerakan Belly Dance yang dinarasikan lebih cepat membuat perut kecil.

Tari perut atau belly dance juga disebut-sebut bisa dipraktekkan untuk menurunkan berat badan. Gerakan dalam tariannya juga dipercaya bisa membuat otot perut lebih kencang.

Namun benarkah demikian?

Sebelum membahas mengenai manfaat belly dance, berikut pengertian dasar dari tari perut.

Belly dance merupakan tarian khas Timur Tengah yang memiliki banyak manfaat. Tarian ini mulai dikenal di tengah masyarakat sejak 220 SM.

Tarian yang memperlihatkan goyangan perut itu kemudian berkembang ke daerah Arab hingga India.

Diketahui secara sejarahnya, tari perut biasa digelar sebagai ritual keagamaan untuk dilakukan sebagai ibadah menyembah dewa bumi.

Disimbolkan bahwa tarian perut merupakan simbol detak jantung kehidupan. Gerakannya yang berputar-putar melambangkan sebagai proses kelahiran.

Manfaat Belly Dance

Kini, belly dance menjadi viral dan masuk ke dalam tren yang banyak dilakukan oleh kaum wanita untuk mengecilkan perut dan tubuh.

Pada faktanya, tari perut belum bisa diyakini 100% bisa menurunkan berat badan dan membuat perut lebih kecil.

Namun tari perut dipercaya bisa membuat otot perut lebih kencang. Belly dance juga masuk ke kategori olahraga kardio yang meningkatkan daya tahan kardiovaskular.

Kemudian melansir dari arabianrose.co.uk, tari perut memperkuat dan mengencangkan otot perut, paha, betis, pinggul, pantat, punggung, dan lengan.

Belly Dance Baik untuk Ibu Hamil

Melansir dari situs Prenagen, belly dance ternyata memiliki fungsi yang baik bagi ibu hamil. Tarian ini dapat mengurangi dan membakar kalori.

Dengan melakukan olahraga ini, maka sebagian besar kalori dalam perut ibu akan terbakar dan membuat janin lebih sehat.

Selain itu, Belly dance banyak menggunakan otot di sekitar perut dan pinggul yang mana bisa untuk melatih otot daerah tersebut. Hal tersebut sangat penting untuk memperkuat otot perut yang menunjang bayi didalam kandungan.

Belly dance juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut dan punggung hilang. Kemudian pada saat persalinan, latihan yang didapat Ibu hamil dari belly dance akan mempermudah keluarnya bayi.

Selain memiliki manfaat pada fisik ibu hamil, belly dance juga dapat membuat pikiran Ibu menjadi lebih nyaman dan rileks.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro