Wisatawan menikmati pemandangan matahari terbit dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (15/12/2018)./JIBI-Rachman
Travel

10 Kuil Menakjubkan di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Redaksi
Kamis, 14 Desember 2023 - 11:55
Bagikan

6. Borobudur, Indonesia

Terletak di pulau Jawa, Indonesia, Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia, dengan dinding dan langkan yang terdiri dari 2.672 relief dari berbagai momen dalam kehidupan Buddha, serta 504 patung tokoh suci.

7. Harmandir Sahib, India

Lebih dikenal sebagai Kuil Emas, Harmandir Sahib di Amritsar, India, merupakan situs tersuci dalam agama Sikh. Monumen ini berada di tengah-tengah kolam suci, dan bagian atas monumen ini dilapisi dengan kertas emas.

8. Istana Potala dan Kuil Jokhang, Tibet

Sebagai situs suci paling penting di Tibet, Istana Potala merupakan tempat kediaman Dalai Lama hingga tahun 1959. Bangunan yang mengesankan ini memiliki 1.000 kamar, termasuk Istana Putih, Istana Merah, dan bangunan-bangunan tambahan. (Kresensia Kinanti)

Istana Putih menjadi tempat tinggal Dalai Lama, yang digunakan untuk urusan administratif, sedangkan Istana Merah memiliki tujuan religius.

9. Kuil Surga, Tiongkok

Kuil Surga terkenal sebagai salah satu kompleks kuil Tao terbesar. Terletak di Beijing, kawasan ini memiliki luas 270 hektare (1,04 mil persegi) dan memiliki berbagai bangunan terkenal, termasuk Altar Gundukan Melingkar, Tembok Gema, dan Aula Doa untuk Hasil Panen yang Baik.

Dikelilingi oleh tembok rendah berbentuk persegi panjang dan berada di atas setengah lingkaran, kompleks kuil ini merupakan representasi sempurna dari kepercayaan orang Tionghoa bahwa langit itu bulat dan bumi itu persegi.

10. Taungkalat, Myanmar

Untuk mengunjungi kuil Tuangkalat di Myanmar, para pengunjung harus menaiki tidak kurang dari 777 anak tangga. Kuil ini bertengger di puncak Gunung Popa, gunung berapi kuno yang sudah punah.

Sebelum memulai pendakian, para pengunjung dapat melihat patung-patung yang mewakili 37 nats, atau roh-roh yang disembah oleh orang Burma selama berabad-abad. Setelah mencapai puncak, pengunjung akan disuguhi pemandangan 360 derajat yang menakjubkan.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro