Kondisi MRI di rumah  sakit/ilustrasi
Health

PB IDI Ungkap Alasan Orang Berobat ke Luar Negeri

Mutiara Nabila
Jumat, 25 Oktober 2024 - 10:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Mohammad Adib Khumaidi, mengungkap alasan banyak orang Indonesia memilih berobat ke luar negeri, terutama ke negara tetangga, Malaysia. 

Beberapa permasalahan seperti akses, dan harga fasilitas pelayanan kesehatan sampai obat yang tinggi menjadi pekerjaan rumah untuk masa pemerintahan yang baru di bawah Presiden Prabowo Subianto. 

DR. Adib mengatakan, salah satu PR terbesar adalah membuat pelayanan kesehatan lebih terjangkau, di saat masyarakat belum memiliki kesadaran tinggi untuk melakukan preventif atau pencegahan penyakit. 

"Yang juga yang harus didorong adalah bagaimana biaya kesehatan di Indonesia ini bisa kita tekan. Karena kita tahu bahwa biaya kesehatan di Indonesia ini cukup mahal. Salah satu komponen yang mahal itu karena alat kesehatan sampai obat-obatan, yang masih lebih mahal dibandingkan negara lain," ungkapnya saat ditemui, Kamis (24/10/2024). 

Dia juga mengungkap beberapa hal yang membuat biaya kesehatan mahal jika dibandingkan dengan negara lain adalah terkait regulasi dan insentif pajaknya. 

"Kalau itu semuanya bisa ditekan, saya kira itu juga akan menjadi satu aspek untuk mengurangi biaya kesehatan. Karena ini juga salah satu alasan orang Indonesia berobat ke luar negeri," imbuhnya. 

PR selanjutnya juga terkait dengan akses, tak hanya soal lokasi dan infrastruktur tapi juga pada obat dan peralatan yang memadai untuk tindakan-tindakan tertentu. 

Dalam pemberitaan sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat menyebutkan bahwa ada sekitar 2 juta orang Indonesia berobat ke luar negeri setiap tahunnya. 

Hal ini selain bisa membuat kemampuan rumah sakit Indonesia tak kunjung berkembang, juga membuat devisa negara menjadi seret dengan sekitar Rp165 triliun devisa Indonesia hilang, karena ada modal keluar. 

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro