Akses air bersih dan sanitasi merupakan bagian integral dari rumah yang aman, sehat dan layak. Akses air bersih merupakan salah satu program Habitat for Humanity./Dok. Habitat for Humanity Indonesia
Health

Ini Dia Daftar 8 Negara Paling Tak Sehat di Dunia, Ada Indonesia?

Mutiara Nabila
Rabu, 23 Oktober 2024 - 18:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Masalah kesehatan di suatu negara bisa menimbulkan kekhawatiran tidak hanya pada penduduknya, tapi juga bagi seluruh dunia. 

Seperti saat Covid-19, ketika satu penyakit yang menyebar di suatu negara ternyata bisa menyebar ke seluruh dunia hingga menjadi pandemi. 

Adapun, penyebab masalah ini beragam, termasuk kemiskinan, sistem perawatan kesehatan yang tidak memadai, kebiasaan hidup yang buruk dan tidak bersih, sampai konteks politik yang tidak menentu. 

Mengutip World Population Review, berikut adalah beberapa negara yang paling tidak sehat di dunia, di mana orang-orang menghadapi berbagai masalah kesehatan masyarakat:

1. Afganistan

Afganistan dilanda daftar panjang masalah kesehatan masyarakat yang serius. Malnutrisi yang meluas menjadi masalah yang terbesar, terutama yang menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. Makanan dan kesehatan umum penduduk juga terdampak oleh faktor-faktor lain yang berkontribusi, seperti kemiskinan, bencana alam, dan kebiasaan makan yang tidak sehat. 

Selain itu, konflik antarnegara yang berkepanjangan juga semakin memperburuk masalah kurangnya akses terhadap perawatan medis dan nutrisi yang tepat.

2. Nigeria

Di Nigeria, pola makan dan hidup bersih yang buruk dan layanan kesehatan yang terbatas telah menyebabkan tingginya angka kekurangan gizi, dengan 5 dari 10 anak di bawah usia lima tahun menderita kekurangan gizi. 

Selain kekurangan gizi, negara ini juga menghadapi masalah kesehatan masyarakat yang kritis lainnya, yaitu malaria, yang menyerang jutaan orang dan masih menjadi salah satu penyebab kematian utama di negara tersebut.

3. Angola

Layanan kesehatan yang tidak memadai, ketidakstabilan politik, dan kemiskinan yang meluas menjadi penyebab utama masalah kesehatan di Angola. Malaria masih menjadi penyebab utama kematian di negara tersebut, dengan tingkat prevalensi yang tinggi. 

Negara ini merupakan salah satu lokasi yang paling tidak sehat untuk ditinggali di dunia, karena banyak warga Angola tidak memiliki akses ke perawatan medis dasar sekalipun.

4. Liberia

Di Liberia, fasilitas kesehatan kekurangan sumber daya, yang menyebabkan tantangan kesehatan masyarakat makin signifikan. 

Malaria tetap menjadi penyebab utama kematian di antara pasien yang dirawat di rumah sakit dan merupakan alasan utama untuk kunjungan rawat jalan. 

Sistem kesehatan negara tersebut juga mengalami infrastruktur yang buruk dan kekurangan pasokan medis, yang semakin membebani kemampuannya untuk menyediakan perawatan yang memadai.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro