Pedagang merapikan telur ayam ras di salah satu gerai di Depok, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Health

6 Telur yang Bisa Dikonsumsi Selain Telur Ayam

Redaksi
Rabu, 23 Oktober 2024 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telur adalah makanan kaya protein sehat yang membantu meningkatkan jenis kolesterol baik, atau LDL.

Telur juga merupakan bahan yang bisa diolah menjadi jenis makanan lezat apapun dan bisa untuk campuran pada minuman.

Dikutip dari TheDailyMeal, meskipun telur ayam umum dikonsumsi, rupanya ada beberapa telur yang juga bisa dimakan dan memiliki nilai gizi serupa atau bahkan lebih.

Berikut 6 telur yang bisa dikonsumsi selain telur ayam

1. Telur Bebek

Telur bebek adalah pengganti telur untuk hampir semua resep telur. Telur bebek bisa dimasak dengan cara yang sama seperti telur ayam. Telur Ini juga seukuran dengan telur ayam dan biasanya sering disajikan dalam bentuk telur rebus asin. Telur ini memiliki ciri khas berwarna biru muda, dan memiliki kuning telur yang lebih pekat dibanding telur ayam.

Produksi telur ini termasuk banyak dan sudah didistribusikan dibanyak tempat, seperti swalayan dan warung, atau bahkan tempat makan.

2. Telur Angsa

Sedikit lebih besar daripada telur bebek dan telur ayam, satu telur angsa sedang kira-kira seukuran dua telur ayam yang lebih besar. Ukurannya, menyebabkan telur ini mengandung berbagai vitamin, dan banyak mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor dan zat besi.

Telur ini juga kaya rasa dan lebih mahal karena produksi telur yang tidak terlalu jarang. Angsa hanya bertelur sekitar 40 telur di musim semi. Kuning telur angsa yang besar menciptakan rasa yang kaya dan memberikan elastisitas ekstra pada pasta. Resep lain dengan telur angsa termasuk frittatas dan telur dadar. Tapi Anda bisa menikmatinya dengan digoreng, direbus atau scramble.

3.Telur Gurita

Telur gurita memang tidak tidak terlihat menarik, tetapi memiliki kelezatan tiada tara bagi para penikmat makanan Jepang. Bentuk dari telur ini bukanlah seperti telur ikan melainkan seperti butiran beras dalam kantung yang lengket. Penampilan bak dunia lain ini membuat telur gurita mendapat julukan "telur alien." Telur ini memiliki rasa pedas saat dimasak, dan lebih sering dimakan mentah di atas sushi.

Telur gurita mentah disaring dan dicelupkan ke dalam saus atau dibuat menjadi nigiri. Biasanya olahan jepang untuk telur ini adalah dikukus atau direbus dengan lembut, dibumbui dengan sedikit kecap asin dan wasabi, dan disajikan dalam kaldu beraroma.

4. Telur Emu

Telur besar berwarna biru-hijau bintik-bintik ini merupakan telur dari burung emu yang dapat dimasak seperti telur lainnya. Satu butir telur emu setara dengan delapan hingga 10 telur ayam dan biasa dikonsumsi didaerah Amerika dan Australia. Telur ini cocok untuk di dadar dan dapat dibagikan ke seluruh keluarga. Namun, waktu memasak jauh lebih besar karena hanya satu telur yang sangat besar. Dibutuhkan lebih dari satu jam untuk merebus telur emu.

Dikutip dari TheDailyMeal ketika membandingkan telur emu dengan telur ayam, jumlah protein yang dimiliki ternyata serupa. Bahkan telur emu memiliki lebih sedikit vitamin A, B1, B2, dan B5 daripada telur ayam, menurut Yoke Farms.

5. Telur Burung Unta

Telur Burung Unta bahkan lebih besar dari telur emu, telur burung unta setara dengan sekitar dua lusin telur ayam. Telur burung Unta merupakan telur terbesar di dunia dan mengandung penuh nutrisi seperti 2.000 kalori per telur. Telur ini juga kaya akan protein dan asam lemak omega-3, yang meningkatkan kesehatan jantung dan penglihatan yang baik.

Dengan cangkangnya yang sulit dipecahkan, kuning telur yang besar, dan putih yang melimpah, telur burung unta bisa sulit dimasak. Salah satu ikonik yang dilakuka oleh chef ternama yaitu Gordon Ramsey, dia menggunakan gergaji untuk memotong cangkang yang keras dan mengocok satu telur dengan sedikit daun bawang dan cabai.

6. Kaviar

Kaviar identik dengan santapan mewah dan berasal dari ikan sturgeon. Karena beberapa sturgeon terancam punah, harga telur ini menjadi sangat mahal. Menyantap kaviar berkualitas tinggi, memiliki letupan sempurna yang meledak di mulut. Dikutip dari ClevelendClinic Kaviar juga mengandung zat besi, protein, vitamin B12, dan sangat bergizi.

Karena rasanya yang mirip mentega, kaviar biasanya dioleskan dengan nikmat di atas roti panggang, atau bisa disantap sendiri di atas sendok. Rasanya yang berbeda membuat kaviar menjadi bahan yang bagus untuk menyempurnakan hidangan apa pun, tetapi beberapa resep yang disukai mengharuskan untuk dioleskan pada hidangan salmon asap atau disajikan dengan crème fraîche. (Enrich Samuel K.P)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro