Suasana Inacraft 2024.Bisnis/Mutiara Nabila
Travel

Menkop UKM: Inacraft 2024 Bisa Dorong Ekonomi Nasional

Mutiara Nabila
Rabu, 2 Oktober 2024 - 20:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki, resmi membuka pameran kerajinan tangan, The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT), tahun ini.

Setelah pertama kali digelar pada 2022, INACRAFT On October Vol.3 akan diselenggarakan selama 5 hari pada tanggal 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). 

Acara ini juga menjadi bagian dari gelaran INACRAFT utama yang diselenggarakan pada April setiap tahunnya, sejak 1999.

Teten mengungkapkan, dengan hadirnya hampir 1.000 UMKM dalam acara ini, beserta mitra kementerian, BUMN, dan stakeholder lainnya, menjadi wujud bahwa industri kerajinan Indonesia masih terus bertumbuh.

"Acara ini jadi wujud inovasi yang berkembang. Sekarang anak-anak muda juga mulai tertarik di dalam produk-produk kriya, artinya kita memiliki satu fondasi yang cukup solid dan cukup kuat untuk menjadikan industri kerajinan ini sebagai kekuatan ekonomi domestik," ungkapnya saat pembukaan INACRAFT On October 2024, Rabu (2/10/2024).

Teten mengungkapkan, sektor kriya termasuk di dalam tiga sektor keunggulan ekonomi kreatif dengan kontribusi 15% terhadap PDB nasional. Angka ini menunjukkan bahwa sektor kriya turut menjadi salah satu penopang utama PDB Indonesia dan memiliki potensi besar untuk terus berkembang.

"Dan kita harus terus memperbesar PDB karena kita punya agenda keluar dari middle income, middle income trap. Peluang sektor kriya Indonesia tidak hanya akan memperkuat Indonesia, dan juga akan memberikan kontribusi nyata terhadap upaya global untuk mengurangi dampak lingkungan, seiring dengan semakin maraknya perajin ramah lingkungan," tambahnya.

Pada gelaran INACRAFT on October tahun ini akan lebih memantapkan konsep YOUTHPRENEURS sebagai bentuk komitmen dan perhatian Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) kepada generasi muda yang berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya. 

INACRAFT on October juga akan menempati seluruh areal Balai Sidang Jakarta Convention Center seluas 23.000 m² dengan total peserta keseluruhan 897 stand. Total peserta Individu/Anggota ASEPHI sebanyak 784 peserta, sementara untuk peserta Dinas sebanyak 80 stand, Kementerian/BUMN sebanyak 27 stand, dan peserta dari Luar Negeri sebanyak 6 stand.

Pameran INACRAFT on October Vol.3 sudah dibuka untuk umum pada 2 Oktober 2024 dari pukul 10:00 s.d. 22:00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp25.000. Adapun, khusus mahasiswa bisa masuk secara gratis.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro