Seseorang yang mengalami penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dicegah dengan menjaga pola hidup sehat/ Sahyadri Hospital
Health

Tips Sehat, Cegah Penyumbatan Plak Pembuluh Darah Lawan Stroke dan Sakit Jantung

Redaksi
Senin, 30 September 2024 - 17:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit jantung dan stroke masih menghantui Indonesia. Penyakit ini muncul karena adanya plak dan penyumbatan pembuluh darah.

Kemenkes mencatatkan penyakit stroke menyebabkan 19,42 persen kematian, dan penyakit jantung iskemik menyumbang 14,38 persen kematian pada 2023. Pembuluh darah yang belemak menjadi faktor penyebabnya.

Pembuluh darah adalah komponen utama dari sistem peredaran darah kamu. Tabung kecil ini akan mengedarkan darah yang mengandung oksigen keseluruh tubuh. Ini akan mengaktifkan semua organ dalam untuk bekerja, apabila pembuluh darah jernih dan terbuka, darah dapat mengalir tanpa hambatan dan kamu akan berada pada kondisi fit.

Anda harus memperhatikan 3 faktor utama yakni mengurangi kolesterol tinggi, mengurangi tekanan darah tinggi, dan berhenti merokok apabila merokok.

Berikut ini tips untuk kamu agar terhindar dari penyumbatan plak. Semuanya dapat kamu lakukan, dan jadikan kebiasaan agar tubuhmu ada pada kondisi yang optimal. 

Simak tips mencegah plak di pembuluh darah

1. Bergerak Lebih Banyak

Dikutip dari Healthline, tetap aktif secara fisik, dan menyisihkan waktu 150-300 menit dalam sepekan akan menurunkan risiko terkena sumbatan pada pembuluh darah. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga merekomendasikan aktivitas penguatan otot minimal 2 hari dalam seminggu.

2. Lakukan Diet

Diet yang menekankan konsumsi sayuran, buah-buahan dan biji-bijian sambil menghindari lemak jenuh, gula, dan garam baik untuk kamu lakukan. Dikutip dari Healthline, Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan kaya serat merupakan cara yang lebih positif dan realistis untuk diet. Hindari makanan yang mengandung lemak, gula tambahan, dan juga kelebihan natrium.

3. Konsumsi Teh Herbal

Dikutip dari MedicalNEwsToday, penelitian mengungkapkan  bahwa mengkonsumsi beberapa teh herbal, mampu menghancurkan plak-plak yang bersarang di pembuluh darah. Terkhususnya teh hijau yang mampu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL. Selain itu, menyeduh akar jahe juga diketahui mampu menjadikannya suplemen untuk melancarkan peredarah darah.

4. Berhenti Merokok dan Kurangi Asupan Alkohol

Rokok memberi kontribusi besar untuk perkembangan aterosklerosis. Hal ini membantu menciptakan plak lebih cepat pada pembuluh darah. Tidak ada banyak penelitian yang menyebutkan pengurangan plak setelah berhenti merokok. Maka dari itu berhentilah merokok.Sedangkan untuk alkohol, berpengaruh juga pada kadar kolesterol.


5. Kelola Stres

Kesehatan mental dan emosional mempengaruhi kondisi tubuh secara langsung. Sangat penting untuk mengidentifikasi diri kamu sendiri tentang apa yang sedang kamu butuhkan. Luangkan waktu untuk bersantai.

Meskipun penumpukan yang terjadi biasanya berasal dari gaya hidup yang tidak baik, resiko terkena aterosklerosis tetap ada dan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Lakukanlah gaya hidup yang baik, olahraga dan kurangi mengkonsumsi sesuatu yang membahayakan tubuh. (Enrich Samuel K.P)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro