Maggie Smith/imdb
Entertainment

Aktris Maggie Smith Pemain Film Harry Potter dan Downtown Abbey Meninggal Dunia

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 27 September 2024 - 21:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aktris senior Hollywood Maggie Smith tutup usia di usia 89 tahun, 

Aktris panggung dan layar lebar Inggris Maggie Smith, bintang "Downton Abbey" dan "Harry Potter" yang telah meraih dua Oscar, tiga Emmy, dan penghargaan panggung yang tak terhitung jumlahnya itu, meninggal dunia pada hari Jumat di London. 

"Dengan penuh kesedihan kami harus mengumumkan kematian Dame Maggie Smith," kata putra-putranya Toby Stephens dan Chris Larkin dalam sebuah pernyataan dilansir dari Variety.

"Dia meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit pagi ini, Jumat 27 September. Sebagai pribadi yang sangat tertutup, dia bersama teman-teman dan keluarga di akhir hayatnya. Ia meninggalkan dua putra dan lima cucu yang penuh kasih yang sangat terpukul atas kehilangan ibu dan nenek mereka yang luar biasa. Kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada staf yang luar biasa di Rumah Sakit Chelsea dan Westminster atas perawatan dan kebaikan mereka yang tak henti-hentinya selama hari-hari terakhirnya." papar pernyataan mereka.

Di usianya yang hampir 70-an, Smith menarik banyak penggemar baru berkat peran utamanya dalam serial yang sangat sukses "Downton Abbey," yang menjadi hit di ITV, "Masterpiece" di PBS, dan di seluruh dunia.

Dia meraih dua penghargaan Emmy dan dinominasikan untuk dua penghargaan lagi atas perannya sebagai Dowager Countess.

Smith juga muncul dalam sejumlah film waralaba "Harry Potter", memerankan Profesor Minerva McGonagall.

Pada tahun 1990, dia dinobatkan sebagai Dame Commander of the British Empire, salah satu dari segelintir orang dari generasinya, termasuk Judi Dench dan Diana Rigg, yang mendapat kehormatan tersebut.

Seorang pengulas Inggris pernah memujinya dengan "kekuatan untuk membuat Anda melihat dan mendengarkan sepanjang waktu, singkat dan gugup, hebat dalam komedi, menyentuh dalam kesedihan, seorang aktris yang luar biasa."

Bahkan para pengkritiknya, yang mengeluhkan tingkah lakunya tidak dapat membantah dampak energi teatrikalnya. Merasa terganggu oleh keluhan tersebut, dia menjawab bahwa lebih baik melakukan terlalu banyak hal di atas panggung daripada terlalu sedikit.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro