Ilustrasi sikat gigi
Health

Ini Dia 6 Penyakit Mulut yang Bisa Menular

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 17 September 2024 - 13:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masalah gigi bukan hanya sekadar menganggu kesehatan mulut Anda sendiri, tapi juga ternyata ada penyakit mulut yang bisa menular.

Ada banyak penyakit menular mulut, termasuk bakteri, jamur dan virus. Rongga mulut kita terdiri dari banyak tumbuhan, baik dan jahat, dan begitu banyak makanan untuk dimainkan.

Dilansir dari thehealthsite.com, dr. Gunita Singh, B.D.S., M.D. Dental Lasers memberikan daftar penyakit mulut yang menular

1. Karies Gigi

Infeksi gigi yang paling umum juga dikenal sebagai gigi berlubang. Penyebab utamanya adalah bakteri, “Streptococcus mutans,” yang memakan gula.

Tidak hanya gula langsung, bahkan karbohidrat pun terurai menjadi gula dan merusak gigi, sehingga makanan manis, minuman, keripik, dan nasi semuanya bisa menyebabkan gigi berlubang.

2. Radang gusi

Ini adalah penyakit gusi dini, yang merupakan awal dari masalah gusi. Penyakit gusi dimulai pada garis gusi karena racun yang diproduksi oleh bakteri di rongga mulut, menyebabkan kemerahan, pendarahan, dan, dalam beberapa kasus, pembengkakan pada gusi.

Gejalanya juga bisa berupa sensitivitas pada gusi saat menyikat gigi. Menjaga kebersihan mulut dan melakukan pembersihan karang gigi secara profesional dapat membantu mengatasi masalah ini sejak dini.

3. Penyakit Periodontal

Jika gingivitis tidak ditangani tepat waktu atau tidak secara memadai, penyakit ini akan menyebar ke bawah garis gusi dan mempengaruhi tulang dan jaringan periodontal. Gingiva menyusut dan menyusut, menyebabkan peradangan dan pengeroposan tulang, yang menyebabkan gigi kendor.

Ini adalah penyebab paling umum dari kehilangan gigi pada orang dewasa. (Jadi satu jahitan menghemat waktu sembilan) Kunjungi dokter gigi ketika Anda melihat tanda pertama infeksi gusi.

4. Ulkus Apthous

Maag yang paling umum sembuh dalam 2-3 minggu dengan sendirinya. Penyebab utamanya bisa berupa stres, hormon, dan masalah usus, namun jika tidak ditangani dapat menyebabkan infeksi sekunder.

5. Sariawan

Pertumbuhan berlebih dari “Candida albicans” yang terjadi secara alami adalah efek samping dari pengobatan seperti Antibiotik, kemoterapi, dan radiasi. Gejalanya berupa plak putih seperti dadih di pipi, lidah, langit-langit mulut, dan dasar mulut. Ini paling umum terjadi pada pasien HIV

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro