Manfaat kuaci dari biji bunga matahari/Harvard
Health

8 Manfaat Kuaci bagi Kesehatan Tubuh

Redaksi
Senin, 2 September 2024 - 18:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Biji bunga matahari (kuaci) seringkali disebut makanan minim gizi karena ukurannya yang sangat kecil. Apakah Anda tahu kuaci dapat menaikkan berat badan?

Dilansir dari laman eatthis.com (31/8/2024),walaupun sering digunakan sebagai cemilan, kuaci faktanya dipenuhi dengan nutrisi yang dapat mendukung kesehatan, terutama bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Simak manfaat biji kuaci:

1.Sumber protein nabati yang baik

Destini Moody, seorang ahli diet di Garage Gym Reviews mengatakan bahwa seperti kacang-kacangan dan biji-bijian pada umumnya, kuaci merupakan sumber protein yang baik. Hanya 28 gram kuaci sudah mengandung 7 gram protein nabati.

Tak hanya itu, kandungan lemak sehat yang tinggi juga membantu mereka yang sedang diet, terutama mereka yang sedang menaikkan berat badan.

2. Mendukung kesehatan kulit

Gianna Masi, seorang ahli diet di Barbed mengatakan bahwa kandungan vitamin E dalam kuaci dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polutan lingkungan. Selain itu, asam lemak esensial dalam kuaci juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan membuatnya tampak lebih sehat.

3. Mencegah makan berlebih

Walaupun mengandung lemak yang cukup tinggi, kuaci dapat mencegah seseorang makan berlebih. Hal ini terjadi ketika proses mengupas atau membukanya yang cukup sulit secara tidak langsung dapat memperlambat kecepatan Anda dalam mengkonsumsinya, sehingga membantu Anda mengontrol porsi.

4. Kaya serat

Satu kuaci mengandung 12 gram serat, yang merupakan bagian besar dari kebutuhan serat harian. Serat tersebut dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu menjaga kadar kolesterol dan kesehatan jantung.

Tak hanya itu, National Institutes of Health juga mengatakan bahwa serat yang ditemukan dalam kuaci dapat membantu kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan mendukung pergerakan usus.

5. Menambah berat badan secara sehat

Biji-bijian, termasuk kuaci, mengandung banyak jenis lemak yang disebut lemak tak jenuh ganda yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Seperti yang sudah disebut pada poin nomor 1, kandungan lemaknya yang tinggi dapat membantu Anda menaikkan berat badan. 28 gram kuaci mengandung sekitar 204 kalori – Anda dapat dengan cepat menghabiskan 28 gram kuaci hanya dalam satu genggaman.

6. Mengandung magnesium yang tinggi

Magnesium merupakan mineral yang penting untuk beberapa fungsi tubuh, termasuk fungsi saraf, kram, dan suasana hati. Tak hanya itu, magnesium juga memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Dengan kandungan 455 miligram per cangkir, satu porsi kuaci dapat membantu memenuhi target magnesium harian Anda.

7. Sumber vitamin E yang baik

Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan peradangan dalam tubuh dan membantu melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Hebatnya lagi, mengkonsumsi 28 gram kuaci sama saja dengan memenuhi 38 persen kebutuhan vitamin E harian.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kuaci mengandung selenium, yaitu nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, tepatnya bagi kekebalan tubuh. Selain pola makan sehat dan tidur yang cukup, kuaci juga dapat menjadi opsi untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro