Peta Monako/worldatlas
Travel

Deretan Negara dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit, Ada yang Lebih Minim dari Kota Sabang

Redaksi
Rabu, 24 Juli 2024 - 13:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tidak semua negara dihuni oleh banyak penduduk seperti Indonesia. Beberapa negara justru hanya memiliki jumlah penduduk yang sedikit.

Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti wilayahnya yang terpencil, tanahnya yang tak layak huni, atau mahalnya harga tanah di negara tersebut.

Dilansir dari Business Insider, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengestimasikan populasi berbagai negara pada tahun 2022.

Berdasarkan estimasi tersebut, berikut adalah negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia:

1. Vatican City (Populasi: 799)

Meskipun bernama Vatican City, tempat ini lebih dari sekadar kota dan merupakan sebuah negara yang berdiri sendiri. Negara ini hanya memiliki jumlah penduduk 799 orang, sekaligus menjadi negara berdaulat dengan luas wilayah terkecil di dunia. Vatican City–atau Vatikan–merupakan sebuah negara yang terletak di dalam Kota Roma, Italia. Negara ini berfungsi sebagai kantor pusat untuk Gereja Katolik Roma. Kewarganegaraan Vatikan tidak untuk sembarang orang, mayoritas diberikan kepada orang-orang yang tinggal dan bekerja untuk kantor Vatikan.

2. Nauru (Jumlah penduduk: 11.232)

Nauru merupakan salah satu negara dengan luas geografis terkecil di dunia, yaitu sekitar 8 mil persegi (hanya sekitar 20,7 kilometer persegi saja).

Wilayah yang kecil ini juga diperparah dengan adanya penambangan fosfat yang telah menghabiskan empat perlima wilayah pulau tersebut–sehingga menjadi tidak layak huni. Jumlah penduduknya pun sedikit, hanya berjumlah 11.232 orang saja. Para warga Nauru mengimpor hampir keseluruhan sumber makanan, air, dan barang-barang manufaktur yang mereka butuhkan.

3. Tuvalu (Populasi: 11.722)

Tuvalu terletak sekitar 15 kaki di atas permukaan laut, yang membuatnya berisiko terkena pasang surut dan banjir. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu negara yang paling jarang dikunjungi.

Dengan hanya 11.722 orang yang tinggal di negara tersebut, Tuvalu menjadi salah satu negara dengan populasi paling sedikit di dunia.

Tuvalu juga dianggap sebagai negara termiskin di dunia–karena letaknya yang terpencil, jumlah penduduk yang sedikit, serta sumber daya alam dan infrastruktur yang terbatas.

4. Palau (Populasi: 22.927)

Meskipun memiliki lebih dari 500 pulau, negara ini hanya memiliki sedikit warga negara, yaitu sekitar 22.927 orang.

Negara yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat ini merupakan destinasi wisata yang terkenal dengan perairannya yang biru serta menjadi rumah bagi ubur-ubur tanpa sengat. Para wisatawan biasa mengunjungi Palau untuk menyelam.

5. San Marino (Populasi: 34.037)

Negara ini dikelilingi oleh wilayah negara Italia. Sebagai negara terkecil kelima di dunia, San Marino hanya memiliki luas wilayah sekitar 61,2 kilometer persegi. Negara ini hanya dihuni oleh 34.037 orang saja. Meskipun begitu, San Marino dianggap sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

6. Liechtenstein (Populasi: 39.135)

Liechtenstein terletak di antara negara Austria dan Swiss. Negara dengan populasi 39.135 orang ini terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan serta kualitas hidupnya yang tinggi. Meskipun perekonomian di Liechtenstein terbilang kuat, negara ini termasuk salah satu negara termahal untuk ditinggali.

7. Monako (Populasi: 39.684)

Negara ini digambarkan sebagai taman bermain bagi para miliarder, dengan banyaknya kapal pesiar dan kemewahan yang ditawarkan. Monako juga dikenal karena penduduknya yang kaya raya. Namun, negara ini hanya memiliki luas 0,78 mil persegi dan hanya ditempati oleh 39.684 orang saja. (Rafi Abid Wibisono)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro