Rayakan Hari Kebaya Nasional, Simak Tips Gunakan Kebaya Sehari-hari!. Bisnis/Mutiara Nabila
Fashion

Rayakan Hari Kebaya Nasional, Simak Tips Gunakan Kebaya Sehari-hari

Mutiara Nabila
Rabu, 24 Juli 2024 - 17:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejak 2023, setiap 24 Juli kini diperingati sebagai Hari Kebaya Nasional, untuk melestarikan salah satu identitas dan budaya tradisional Indonesia. 

Peringatan Hari Kebaya Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional, yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebaya. Dengan ini, diharapkan masyarakat Indonesia bisa lebih mengenal dan menghargai kebaya sebagai warisan budaya.

Berdasarkan sejarahnya, kebaya sudah ada di Indonesia sejak abad ke-15 atau ke-16. Setelah itu, kebaya mulai banyak digunakan oleh masyarakat perempuan.

Sebutan "kebaya" berasal dari kata Arab "abaya" yang artinya jubah atau pakaian. Kemudian istilah tersebut diperkenalkan ke Nusantara melalui kata serapan dari bahasa Portugis, yakni "cabaya".

Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak macam kebaya yang mencirikan masing-masing suku, baik di Jawa, Sumatra, Sulawesi, dan lainnya. 

Beberapa jenis kebaya yang umum digunakan ada Kebaya Encim khas Betawi dengan warna cerah dan motif bunga. Kemudian ada kebaya Kartini dan Janggan yang umum dipakai di Jawa.  

Kemudian ada kebaya Kutubaru dengan bukaan depan, yang digunakan di Jawa, Sunda, dan Bali, dan termasuk pula Baju Kurung dengan bukaan belakang.  

Desainer Kostum Hagai pakan mengatakan bahwa sejalan dengan peringatan Hari Kebaya Nasional, dia berharap kebaya tak hanya digunakan pada acara tertentu saja, tapi bisa jadi "fashion item" seluruh wanita Indonesia. 

"Jadi semua perempuan menurut saya memang wajib punya kebaya, seperti kita punya kaos putih atau kemeja putih. Jadi bisa juga dipakai ke kantor atau kegiatan sehari-hari," ujarnya. 

Tips Padu Padan Kebaya

Hagai memberi saran bagi perempuan Indonesia agar bisa berkebaya sehari-hari, dengan mencari bahan kebaya yang nyaman dan modelnya sesuai dengan kesukaan. 

"Kalau saran saya untuk berkebaya setiap hari yang penting adalah cari nyaman dan modelnya kita banget. Sekarang desain kebaya sudah semakin banyak jadi bisa disesuaikan dengan gaya kita sehari-hari," jelasnya. 

Selain itu, atasan kebaya kini juga tak hanya bisa dipadukan dengan bawahan kain batik, tapi bisa juga dipadukan dengan pakaian moderen seperti celana jins, kulot, atau sambil menggunakan sepatu sneakers.   

Beberapa contoh penggunaan kebaya sehari-hari juga bisa dilihat melalui film pendek "Kebaya Kala Kini" yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Putri Marino, dan Syandria Kameron, yang sudah tayang di kanal Youtube Indonesia Kaya pada hari ini, Rabu (24/7/2024).

Dalam film berdurasi 8 menit tersebut kita bisa melihat bagaimana Putri Marino memadukan kebaya dengan rompi jins, dan Syandria yang mengenakan kutubaru bersama celana kulot yang patut dicoba.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro