Tips cinta beda agama/freepik
Relationship

Tips Cinta Beda Agama, Inilah yang Harus Dilakukan Pasangan

Redaksi
Rabu, 26 Juni 2024 - 12:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hubungan beda agama menjadi salah satu persoalan yang banyak terjadi di kalangan remaja hingga orang dewasa. Banyaknya perbedaan, ras, suku, adat, tidak membuat banyak orang merasa takut dan terus mengupayakan kisah cintanya sampai akhir.

Namun, menjalani cinta beda agama memiliki risiko dan tanggung jawab yang besar bagi setiap pasangan. Maka dari itu, Anda harus melakukan tindakan yang tepat apabila terjerat dalam hubungan beda agama.

Menjalin hubungan beda agama mampu membuat Anda memiliki banyak perspektif terkait perbedaan yang ada. Berbeda dengan hubungan lainnya, orang yang menjalani hubungan beda agama memiliki tingkat kepercayaan dan pemahaman yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan dasar yang membuat pasangan menjadi lebih responsif dan bersikap terbuka untuk menerima satu sama lain.

Namun, persoalan terbesar yang terdapat dalam hubungan beda agama adalah perbedaan kepercayaan. Hal ini yang menjadi tantangan terbesar bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Jika hubungan yang dijalani hanya sebatas pertemanan, maka hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap kehidupan. Sebaliknya, jika hubungan yang dijalani memasuki tahapan yang lebih serius, keduanya harus bersiap menerima konsekuensi secara tepat.

Inilah yang harus dilakukan jika terjerat cinta beda agama:

1. Menghormati satu sama lain

Menghormati satu sama lain merupakan salah satu hal yang penting di dalam suatu hubungan. Tujuan utamanya adalah untuk menghargai segala hak, kewajiban, dan tuntutan dari pasangan.

Anda harus mampu menghormati segala hal tersebut dan memberikan dukungan secara penuh terhadap pasangan. Dari rasa hormat dan dukungan tersebut, pasangan akan merasa dihargai sepenuhnya tanpa melihat adanya perbedaan yang terlibat di dalam suatu hubungan.

2. Diskusikan terkait nilai, tujuan, dan impian

Mendiskusikan nilai, tujuan, dan impian hidup bersama akan membuat Anda menjadi seseorang yang berambisi serta visioner. Anda dapat mendiskusikan segala hal terkait tujuan dari hubungan, rasa kepercayaan, impian terbesar, dan harapan apa yang diinginkan dari hubungan beda agama tersebut. 

Jawaban dari diskusi tersebut akan membuat Anda menjadi terbuka dan melihat seluruh aspek secara nyata. Anda dapat melakukan banyak perubahan yang melibatkan rasa kepercayaan dan keyakinan dalam menjalani kehidupan secara ke depan.

3. Menjelajahi kehidupan bersama

Menjelajahi kehidupan bersama merupakan salah satu impian yang dilakukan oleh setiap pasangan. Sepasang kekasih akan menghabiskan sebagian waktunya untuk melakukan aktivitas termasuk menjelajahi tempat wisata, kuliner, dan wishlist bersama pasangan. Ketika melakukan proses penjelajahan tersebut, pastikan semua memori dan kenangan indah dapat tercipta dengan baik serta berkesan di dalam kehidupan.

4. Jalin komunikasi secara intens

Komunikasi merupakan kunci di dalam suatu hubungan. Dalam hubungan beda agama, komunikasi dan pemahaman menjadi penentu terkuat yang mampu menciptakan kehidupan secara harmonis. Pastikan komunikasi yang dilakukan dapat berjalan dengan intens, supaya dapat memahami dan menghargai aktivitas satu sama lain.

Komunikasi tersebut dapat membantu Anda memahami segala perilaku pasangan terkait dengan waktu ibadah, sikap, dan hal lainnya yang mengacu terhadap perbedaan satu sama lain. Melalui hal tersebut, Anda dapat mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dalam suatu hubungan.

5. Melakukan perayaan

Melakukan perayaan bersama merupakan momentum berharga yang dapat dilakukan oleh setiap pasangan. Ketika menjalani hubungan beda agama, Anda dapat memberikan support dan turut serta merayakan hari-hari penting bersama pasangan. Namun, tidak semua hal dapat dilakukan secara bersama, seperti ibadah dan perayaan hari-hari besar agama lainnya. 


6. Mencari informasi satu sama lain

Mencari informasi mengenai pasangan, adalah salah satu tindakan kasih sayang. Anda dapat mencari informasi pasangan terkait hobi, makanan favorit, warna kesukaan, dan perilaku yang sering dilakukan sehari-hari. Dalam hal ini, Anda juga harus mencari informasi detail terkait kepercayaan dan latar belakang keluarga pasangan secara tepat. Hal ini ditujukan untuk memberikan batasan dan menghormati segala perilaku yang dilakukan oleh pasangan.

7. Bersikap terbuka

Bersikap terbuka terhadap pasangan adalah salah satu bentuk komitmen yang dilakukan dalam setiap hubungan. Anda harus bekerja sama dengan pasangan, untuk mencoba bersikap terbuka satu sama lain. Hal ini memiliki dampak positif terhadap suatu hubungan, untuk menghasilkan rasa kepercayaan dan keyakinan penuh terhadap pasangan.

Dalam hubungan beda agama, Anda harus terbuka terkait pro dan kontra dari banyak pihak ketika memberikan nasehat maupun opini yang bersifat membangun. Anda harus menerima dan mencari jalan keluar bersama untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro