Mencuci muka bagian dari perawatan wajah/bloomberg
Health

Ini Kandungan Skincare yang Lebih Baik dari Retinol untuk Lawan Penuaan!

Mutiara Nabila
Kamis, 20 Juni 2024 - 14:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Di bidang kecantikan, retinol selalu dianggap sebagai bahan yang tidak pernah gagal untuk meremajakan kulit dan mencegah penuaan. Namun, ternyata ada kandungan yang lebih ampuh dari retinol. 

Turunan dari vitamin A itu bekerja di lapisan tengah epidermis untuk menetralisir radikal bebas. Retinol juga berfungsi meningkatkan produksi kolagen sekaligus memperbaiki warna dan tekstur kulit.  

Meskipun disebut-sebut sebagai standar emas dalam meminimalkan penuaan, munculnya garis-garis halus, kerutan, pori-pori membesar, dan bahkan jerawat, namun penggunaannya belakangan dibatasi termasuk membatasi konsentrasi retinol dalam produk perawatan kulit.  

Pada April 2024, Komisi Uni Eropa mengumumkan bahwa krim wajah, serum, dan gel yang dijual bebas hanya boleh mengandung hingga 0,3% retinol dan 0,05% untuk losion dan serum tubuh.

Di sisi lain, ternyata ada bahan lainnya yang lebih alami dan memiliki fungsi sama atau bahkan lebih baik dari retinol tapi belum banyak orang yang mengetahuinya, berikut ini:

1. Bakuchiol: Pengganti Retinol Alami

Meskipun memerlukan waktu panjang untuk meneliti khasiatnya, di kalangan penggemar kecantikan dan perawatan kulit, fokus pada retinol sudah mulai beralih ke bahan alami nabati yang memberikan manfaat yang sama seperti retinol, yaitu Bakuchiol. 

Bakuchiol dianggap sebagai salah satu alternatif retinol alami paling efektif yang ada di pasaran saat ini. Dalam Ayurveda dan Pengobatan Tradisional Cina, ekstrak yang berasal dari tanaman Babchi ini sering digunakan untuk mengobati peradangan kulit, ruam, bercak vitiligo, eksim, dan bercak vitiligo.

Kandungan Bakuchiol dalam serum, krim, dan produk perawatan kulit lainnya disebut dapat membantu mendukung pergantian sel kulit yang sehat sekaligus mengelupas kulit mati dengan lembut dan merangsang produksi kolagen.  

Bahan ini juga cocok sebagai antioksidan kuat yang dapat melindungi dan memperbaiki kulit. 

Berbeda dengan retinol, Bakuchiol lebih lembut di kulit dan dapat digunakan siang dan malam. Bahan ini juga ideal untuk jenis kulit sensitif atau reaktif.  

2. Retinal: Bentuk Vitamin A Paling Kuat

Retinal adalah bentuk vitamin A paling kuat yang dapat diakses konsumen tanpa resep dokter. Menurut pakar kulit, bahan ini lebih ampuh dan bekerja lebih cepat dibandingkan retinol. Namun, bahan ampuh ini harus digunakan dengan hati-hati untuk menghindari sensitivitas kulit, kekeringan, kemerahan, dan pengelupasan. 

Untuk menggunakannya, mulailah dengan mengoleskan beberapa tetes setiap dua hari sekali. Lengkapi rutinitas perawatan kulit Anda dengan krim atau minyak yang menutrisi dan menghidrasi. Terakhir, hindari paparan sinar matahari langsung dan lindungi dengan SPF.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro