Sejarah 19 Juni, Pertama Kalinya Kartun Garfield Dipublikasikan 46 Tahun Lalu/cinema21
Entertainment

Sejarah 19 Juni, Pertama Kalinya Kartun Garfield Dipublikasikan 46 Tahun Lalu

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 19 Juni 2024 - 08:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tanggal 19 Juni 1978, kartun karakter kucing Garfield memulai debutnya hanya di 41 surat kabar, semuanya di AS.

Pencipta Garfield, adalah seorang kartunis Jim Davis.

Sebelum Garfield diterbitkan, Davis telah bekerja sebagai asisten kartunis sambil memikirkan idenya untuk strip tentang serangga, Gnorm Gnat, namun tidak berhasil.

Dilansir dari Guardian, Davis berhenti dari pekerjaannya dan bekerja keras untuk Garfield, meskipun dia mendapat gaji pertama, menurut perkiraannya, $38 (£28) untuk bulan tersebut

Dinamakan setelah kakeknya, James Garfield Davis, Garfield adalah gabungan dari lusinan kucing liar di peternakan masa kecil Davis.

Dia mengembangkan strip tersebut selama setahun, menciptakan karakter-karakter yang kontras untuk berinteraksi dengan kucingnya yang malas dan suka lasagna pemilik culun Jon, anjing lucu dan tidak punya otak, Odie, dokter hewan Garfield, Liz, dan anak kucing Nermal.

Pada tahun 2002, komik ini tercatat dalam Guinness World Record sebagai komik strip yang paling banyak disindikasikan di dunia, dengan perkiraan 200 juta pembaca setiap hari beralih ke komik lucu ini di 2.570 surat kabar di seluruh dunia.

Ada banyak sekali buku Garfield terlaris (perusahaan Davis, Paws Inc, mengatakan lebih dari 135 juta buku telah terjual di seluruh dunia), serial televisi, film, mainan, pakaian, mug. (Barang dagangan Garfield diperkirakan menghasilkan $750 juta-$1 miliar per tahun.) Bahkan ada pertunjukan musikal.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro