Ilustrasi/Healthcontractor
Health

Tren Kandungan Niacinamide Bisa Sebabkan Alergi, Ini Gejalanya

Mutiara Nabila
Selasa, 28 Mei 2024 - 09:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Produk skincare dengan kandungan niacinamide sedang ngetren dan bisa ditemukan di berbagai merek produk perawatan kulit. 

Bahan aktif ini umumnya ditemukan dalam produk perawatan kulit untuk mencerahkan, meratakan warna kulit, mengatasi noda hitam, sampai menyamarkan kerutan dan menyamarkan pori-pori. 

Namun, ternyata kandungan bahan aktif ini bisa memicu alergi bagi sebagian orang, meskipun sangat jarang. Bila digunakan dalam konsentrasi tinggi, niacinamide dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit.

Jika Anda termasuk kelompok minoritas yang kurang beruntung dan memiliki reaksi buruk terhadap produk yang mengandung niacinamide, ada tiga kemungkinan utama, yaitu alergi, ada bahan lain yang menyebabkan iritasi, atau Anda menggunakannya terlalu banyak.

Melansir Allure, sebenarnya reaksi alergi pada niacinamide sangatlah jarang. joshua Zeichner, Direktur Dermatologi Kosmetik dan Klinis di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, mengatakan, dari para pasiennya ditemukan bahan lain dalam produklah yang menyebabkan masalah.  

“Saya pernah menemui pasien yang mengalami iritasi kulit saat menggunakan produk berbahan dasar niacinamide, tapi kemungkinan besar itu adalah salah satu bahan pengawet dalam produk yang menyebabkan iritasi, bukan niacinamide itu sendiri,” kata Zeichner.

Namun, reaksi alergi tetap bisa terjadi jika kandungan bahan aktif tersebut digunakan berlebihan. Menurut para ahli, bila Niacinamide digunakan dalam konsentrasi tinggi, dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit, terutama di area sensitif seperti sekitar mata.

Berapa banyaknya niacinamide yang perlu digunakan atau sampai menyebabkan alergi bergantung pada gen dan sensitivitas kulit masing-masing penggunanya. 

Ada beberapa orang yang merasakan sensasi perih dan cenderung lebih reaktif terhadap niacinamide dibandingkan yang lain. 

Namun, tak perlu khawatir. Zeichner juga menegaskan bahwa secara umum, seharusnya niacinamide tidak akan menyebabkan masalah apa pun. 

“Niacinamide secara umum dianggap sebagai bahan yang menenangkan. Namun, seperti halnya produk perawatan kulit baru, jika Anda mengalami kemerahan, rasa terbakar, atau perih, Anda harus segera mengeluarkan produk tersebut dari urutan perawatan kulit Anda," ujarnya. 

Jika Anda mencurigai niacinamide dapat mengiritasi kulit Anda, bicarakan dengan dokter kulit untuk meresepkan bahan-bahan penangkal kemerahan. Para ahli juga merekomendasikan untuk beralih ke produk yang mengandung kafein dan ceramide untuk mengatasi peradangan dan kemerahan.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro